Selasa, 20 November 2012

Sosiologi Pariwisata




Sosiologi pariwisata mengkaji fenomena yang terjadi di daerah wisata yang diakibatkan oleh adanya interaksi beragam elemen sehingga terjadi proses social yang bisa berdampak positif (asosiatif) atau berdampak negative (disosiatif).
Dalam menganalisisnya kita gunakan teori-teori sosiologi yang ada, misalkan apabila pada daerah wisata itu terdapat konflik maka dikaji oleh teori konflik konflik sedangkan apabila adanya kerjasama di wilayah itu kita dapat menggunakan teori interaksi.
Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul mengenai obyek wisata biasanya adalah mengapa daerah tersebut menjadi daerah tujuan wisata, bagaimana sejarahnya, dan apa yang menjadi daya tarik obyek wisata tersebut. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat kita gunakan untuk membantu menganalisis fenomena sosiologi apa saja yang ada di tempat wisata itu. Sedangkan untuk menyusun laporan kajian fenomena sosiologi di daerah wisata janganlupa mencantumkan juga deskripsi wilayahnya, sejarah, dan daya tarik dari tempat wisata itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar