Selasa, 26 Maret 2013

Bedah Buku “Cahaya Abdi Muhamad” Memberi Inspirasi Kepemimpinan Sejati




Jumat, tanggal 16 Maret 2013 jajaran dekanat Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta  (FIS UNY) gelar acara bedah buku “Cahaya Abadi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Kebanggaan Umat Manusia”. Acara ini merupakan salah satu acara dari sejumlah rangkaian Dies Natalis UNY yang ke-49.
Bedah buku ini berlangsung di Ruang Ki Hajar Dewantoro FIS UNY yang dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Pendidikan, juga para guru besar dan dosen serta para mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dari beragam fakultas.
Dalam sambutannya Wakil Rektor I mengungkapkan bahwa “Pendidikan karakter yang sedang kita galakkan ini implementasinya adalah sikap dan perilaku yang terpuji yang jelas keseluruhannya telah ada dalam diri Rasullullah SAW. Harapannya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta saat ini meneladani suri tauladan yang telah dicontohkan oleh junjunan kita semua agar terciptalah insan yang bertaqwa, mandiri, dan cendekia”.
Buku berjudul “Cahaya Abadi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam Kebanggaan Umat Manusia” merupakan buah karya Muhamad Fethullah Gullen, yang merupakan seorang ustadz dari Turki. Buku ini awalnya merupakan kumpulan ceramah beliau tentang Rasullullah, yang karena dikemas secara menarik mampu menjadi hasil karya yang mampu dinikmati oleh beragam lapisan masyarakat bukan hanya di Turki saja namun juga merambah ke seluruh penjuru bumi.
“Buku ini merupakan biografi Rasul yang memotret Rasullulah secara sejuk”. Demikian yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Bernawi Monthe guru besar fakultas Adab UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta yang menjadi salah satu pembicara pada kesempatan itu. Buku ini pengemasannya sangat apik dan sangat berbeda dengan buku-buku sirah nabawiyah yang banyak beredar di pasaran kini.
Buku terbitan Republika ini menjadi jawaban atas beragam permasalahn umat yang sedang kita hadapi bersama, bukan hanya itu rangkaian katanya mampu membius pembaca seolah-oleh hidup pada masa Rasullulah ada. Merefleksikan kembali pemimpin umat yang dibutuhkan umat saat ini.
Ada tiga pembicara yang dihadirkan untuk membedah buku yang dalam 2 tahun saja sudahh dicetak sebanyak tiga kali yakni Dr. Ali Unsal Ph. D, Prof. Dr. Bernawi Monthe, dan Prof. Dr. Husain Haikal yang merupakan guru besar di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.
Prof. Dr. Ali Unsal Ph. D mengemukakan bahwa dalam buku ini kita akan disuguhkan model ideal yang jelas menjadi panutan umat dulu, kini, dan nanti. Walau pada awalnya buku ini merupakan kumpulan dari ceramah pengarang namun karena banyak menginspirrasi maka dihadirkanlah buku luar biasa yang oleh Prof. Dr. Husain Haikal disebutkan bahwa buku adalah buku yang representatif untuk dijadikan sumber dalam beragam bidang ilmu pengetahuan dan mampu dinikmati oleh beragam kalangan.
Acara yang dimulai pukul 08.30 ini berakhir pukul 11.45 ditandai dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar